follow!

| ig/twitter/line/wechat/kakao: maytiasss | path\fb: Maytias Tri Pratiwi |

Selasa, 26 Maret 2013

perekonomian indonesia (krisis global)

Tulisan 4 perekonomian Indonesia
Krisis Global

  • Pendahuluan

Krisis ekonomi Global merupakan peristiwa di mana seluruh sektor ekonomi pasar dunia mengalami keruntuhan dan mempengaruhi sektor lainnya di seluruh dunia. Krisis finansial global yang menyebabkan menurunnya kinerja perekonomian dunia secara drastis pada tahun 2008. Bagi negara-negara berkembang dan emerging markets, situasi ini dapat merusak fundamental perekonomian, dan memicu terjadinya krisis ekonomi.
Dengan adanya krisis global banyak perusahaan mengurangi tenaga kerja (PHK) baik di Indonesia maupun di luar  negeri dikarenakan permintaan produk dalam negeri oleh pihak konsumen luar negeri yang menurun dan juga perusahaan memangkas biaya produksi.

  • Isi

Krisis global sudah terjadi sejak lama bagi Negara kita, namun pemulihannya hingga saat ini masih belum bisa di upayakan maksimal. Tetapi sejak pertengahan tahun ini, perekonomian global perlahan-lahan mengalami pemulihan. Namun sayang, dibanding dengan negara-negara lainnya, Indonesia adalah negara yang paling lambat proses pemulihan dari krisis global yang terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.
Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat-Fakultas Ekonomi UI mengatakan bahwa dibanding Korea, Singapura dan negara lainnya, recovery perekonomian di Indonesia adalah yang paling lambat. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena perekonomian Indonesia tidak terintegrasi dengan perekonomian dunia. Pada saat perekonomian dunia terpuruk akibat krisis global yang terjadi akhir tahun 2008 lalu, perekonomian Indonesia tidak terlalu terpengaruh. Begitu pun sebaliknya, saat perekonomian dunia kembali pulih, perekonomian Indonesia tetap jalan di tempat.
Untuk mempercepat perbaikan perekonomian Indonesia, pemerintah harus memperbaiki infrastuktur yang ada. Pasalnya, perekonomian Indonesia sangat tergantung pada domestic demand. Selain itu, untuk mempercepat terjadinya perbaikan infrastuktur, pemerintah seharusnya menerapkan sistem reward and punishment. Bagi daerah yang melaksanakan perbaikan infrasturktur, akan mendapatkan reward. Begitu pun sebaliknya. Karena itu masalah infrastuktur itu harus diperhatikan pada program 100 hari.


  • Penutup

Krisis ekonomi Global terjadi karena permasalahan ekonomi pasar di sluruh dunia yang tidak dapat dielakkan karena kebangkrutan maupun adanya situasi ekonomi yang carut marut. Sektor yang terkena imbasan Krisis Ekonomi Global adalah seluruh sektor bidang kehidupan. Namun yang paling tampak gejalanya adalah sektor bidang ekonomi dari terkecil hingga yang terbesar.

Cara mengatasi permasalah Krisis ekonomi bagi masyarakat adalah lebih selektif dalam memenuhi kebutuhan dan bersikap kooperatif bersama pemerintah dan sebaliknya dari pemerintah untuk lebih sigap dalam situasi masyarakat. Seharusnya pemerinta punya cara lain agar Negara kita bisa bangkit dari keterpurukan ini. Bisa saja dimulai dari pihak-pihak yang mempunyai peran untuk memulihkan perekonomian Negara kita. Seharusnya kita berkaca pada Negara yang bisa memulihkan perekonomiannya lebih cepat dibanding Negara kita.


  • Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar