| Assalāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh |

Selasa, 26 Maret 2013

perekonomian indonesia (anggaran pendidikan)

Tulisan 3 perekonomian Indonesia

Anggaran Pendidikan

  • Pendahuluan

Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Bahkan warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Demikian pula warga negara di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus. 
Belakangan ini anggaran pendidikan sangat penting, terutama untuk masyarakan yang mempunyai perekonomian di bawah rata-rata. Kerena dengan ini, beban mereka menyekolahkan anak mereka menjadi berkurang.

  • Isi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh untuk menggunakan sebaik-baiknya anggaran pendidikan secara tepat waktu dan tepat sasaran. Presiden meminta program pendidikan yang menjadi prioritas pembangunan dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari permasalahan dalam implementasinya.
Perlu ada koordinasi yang baik di internal pemerintahan untuk implementasi Anggaran Pendidikan 2013 ini juga antara pemerintah dan DPR. Presiden SBY telah bertemu dengan pimpinan DPR RI. Saat itu Presiden menyampaikan  ajakannya  selaku kepala pemerintahan agar selama sisa pengadbian kita baik eksekutif maupun legislatif bisa berbuat lebih banyak lagi dan lebih baik lagi untuk rakyat kita.
“Kita bisa memetik pelajaran dari 3,5 tahun ini mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk penyusunan dan implementasi APBN termasuk akuntabilitas penyelenggaraan negara. Singkatnya kita tidak ingin di masa depan ada masalah menyangkut APBN apakah itu penyimpangan atau kejahatan korupsi yang bisa melibatkan DPR RI maupun pemerintah. Kami sepakat kemarin utnuk sama-sama mencegahnya. Oleh karena itulah koordinasinya harus baik dalam menggunakan anggaran negara dengan penuh akuntabilitas,” papar SBY.
Mengapa anggaran pendidikan ini tidak boleh ada masalah dalam implementasinya yang ingin dicapai dua tahun terakhir ini 2013 - 2014, Presiden SBY meminta Mendikbud M. Nuh menyampaikan dengan gamblang , terbuka, obyektif, jangan ditutup-tutupi. Ia juga minta kepada para menteri yang lain, agar menyampaikan jika mengetahui permasalahannya.
Presiden SBY berpesan, anggaran pendidikan menyangkut urusan manajemen sehingga tidak menutup kemungkinan masuknya kepentingan poilitik.  Untuk itu Presiden meminta jajarannya tetap sesuai jalur, lurus sesuai manajemen pemerintahan, manajemen anggaran sehingga akan terbebas dari hambatan-hambatan yang ada.

  • Penutup

Untuk memenuhi hak warga negara, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun. 
Kita semua harus mengawasi kemana jalannya anggaran pendidikan ini dikarenakan agar tidak adanya pihak-pihak yang mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadinya atau agar tidak adanya pihak yang korupsi dari anggrana pendidikan ini.      

  • Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar