| Assalāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh |

Senin, 28 April 2014

aspek hukum dalam ekonomi (Tulisan 1)

Tulisan 1
PENGALAMAN SELAMA TINGKAT 2

            Pertama mendapat kelas baru yaitu EB23, yang saya lihat adalah nama-nama teman yang akan sekelas dengan saya. Karena menurut saya, teman itu akan berpengaruh pada diri kita nantinya. Akan tetapi, teman-teman dekat saya selama tingkat satu tidak ada yang sekelas dengan saya. Sedih, pasti. Sempat ada rencana pindah kelas, tapi saya coba untuk beradaptasi terlebih dahulu.
            Sehari dua hari, setiap ada waktu luang selalu saya sempatkan bertemu teman-teman tingkat satu saya yang dulu. Belajar di kelas rasanya ingin cepat pulang atau cepat keluar kelas karena saya belum terbiasa dengan teman-teman baru saya ini. Sebulan dua bulan, saya mulai terbiasa dengan teman-teman baru yang duduk dekat dengan saya. Ditambah dengan tugas-tugas yang membuat kelompok membuat saya semakin kenal dan mulai terbiasa dengan teman-teman baru.
            Teman-teman baru saya ini semuanya baik, dan kita mulai mengenal sifat dan perilaku masing-masing. Tetapi saya belum terbiasa dengan anak-anak lain yang ada di kelas. Sejak awal entah kenapa rasanya saya tidak suka berada di kelas ini, saya hanya sekedar sapa jika bertemu dengan yang lainnya. Jika di kelas tidak ada dosen dan teman-teman tingkat satu saya tidak ada, mau tidak mau saya mengobrol dan bermain bersama teman-teman baru saya ini.
            Satu semester berlalu, sedikit demi sedikit saya mengenal semua teman-teman kelas EB23 ini, mungkin karena saya sudah mulai terbiasa dan sudah bisa menilai bagaimana kelas ini. Kelas baru saya ini sebenarnya asik, anaknya baik, kompak juga. Tapi mustahil dengan adanya banyak kepala dengan sifat yang berbeda-beda tidak ada masalah. Sedikit masalah ada di kelas ini, tapi cepat juga terselesaikannya. Berbeda dengan kelas saya sebelumnya, disana saya sudah sangat nyaman dan terbiasa. Hampir tidah ada masalah selama saya berada di kelas yang sebelumnya. Tapi, setelah hampir dua semester bersama, saya rasa kelas ini seharusnya lebih asik dari kelas saya sebelumnya. Kami punya tim futsal yang rutin main, tidak seperti kelas saya sebelumnya. Kami sering mengadakan acara jalan-jalan yang walaupun tidak diikuti seluruh anak kelas. Dan saya rasa masih banyak lagi yang lebih seru dari kelas saya sebelumnya. Semoga kedepannya, kelas EB23 ini lebih baik lagi, lebih kompak lagi, lebih asik lagi.
Pengalaman saya di tingkat dua ini menjadi pelajaran buat saya, bahwa dengan siapapun kita berteman, nyaman atau tidak nyamannya kelas, berapa banyaknya masalah, jangan bembuat kita menyerah, jangan membuat semangat kita berkurang. Jalani saja semuanya, lewati saja semuanya, suka dukanya. Ingat orang tua dan ingat tujuan awal kita berada di kelas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar